Image

Kota Malang Menjadi Tuan Rumah Pekan Budaya Indonesia 2016

img_9386
Mendikbud mengunjungi stan pameran saat peresmian pameran pekan budaya indonesia  di gedung krida budaya Malang, Jawa timur (09/09)

cosplayer berkostum ala merak dan pertunjukan seni tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang hadir pada peresmian pameran bertajuk jalur rempah. tidak hanya warga , puluhan pelajar dari tingkat SD hingga SMA juga ikut mengikuti rangkaian kegiatan lomba dan workshop yang digelar kamis sore di gedung krida budaya.

berbagai komunitas budaya dan seniman ikut berpartisipasi dalam pameran seni dan replika benda – benda bersejarah era kerajaan majapahit . event tahunan pekan budaya indonesia (PBI) yang diselenggarakan oleh kemdikbud berlangsung selama lima hari dengan agenda pagelaran tari seribu topeng sebagai puncak perayaan yang berlangsung di pendopo kabupaten, Malang (2/9) .

 

Bertajuk ” Dari Pinggiran Merajut dan Memajukan Kebudaayan Nasional”

pekan budaya Indonesia (PBI) adalah perayaan tahunan kemdikbud yang di tujukan untuk mensosialisasikan budaya Indonesia pada masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal yang mulai tergerus oleh jaman dan pengaruh globalisasi. Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, kegiatan ini terus berupaya untuk mengenalkan keragaman budaya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

beragam kegiatan kebudayaan di gelar dalam event ini antara lain permainan tradisional, pertunjukan kesenian, wayang, talkshow atau gelar wicara, lomba sejarah, workshop/ lokakarya, pameran, dan pertunjukan musik dari sejumlah komunitas seni dan budaya juga turut berpartisipasi dalam kegiatan PBI 2016 . juga dimeriahkan dengan kegiatan pendukung berupa Malang Art Week yang siap mengajak seluruh generasi muda untuk terlibat aktif semarakkan kota.

 

Kegiatan kebudayaan  ini berlangsung selama 5 hari  di tiga lokasi utama, yakni Pendopo Kabupaten Malang, Taman Krida Budaya, dan Universitas Negeri Malang.  diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya  sebuah budaya sebagai identitas bangsa,dengan mengenal dan mempelajari kita telah turut melestarikan budaya beserta nilai yang terkandung di dalamnya .

 

Penulis      :     Sony yaka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s